Blog

KBM di Rumah, Antisipasi Corona Versi Nepatsa

img_20200316_081916

Merebaknya virus corona atau Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia akhir-akhir ini cukup menjadi perhatian bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia. Berbagai kebijakan telah dibuat oleh sejumlah daerah untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Kebijakan yang diambil untuk menyikapi kondisi tersebut cukup beragam, mulai dari sosialisasi, meliburkan sekolah, larangan keluar rumah, hingga kebijakan yang mengarah pada lockdown.

Meningkatnya penderita corona di Jawa Tengah menjadi perhatian tersendiri bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hal ini pun menjadi keprihatinan Pemerintah Daerah Kota Salatiga. Melalui Surat Edaran Walikota Salatiga Nomor: 443.1/105/103.3, Yulianto menyatakan kebijakan dalam bidang pendidikan pada poin 2 bahwa “Di bidang pendidikan mulai dari PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, peserta didik melaksanakan pembelajaran mandiri di rumah selama 14 (empat belas hari), terhitung mulai hari Senin tanggal 16-29 Maret 2020. Khusus pendidik dan tenaga kependidikan tetap melaksanakan tugas seperti biasa”.

Menyikapi kebijakan tersebut, SMP Negeri 4 Salatiga meliburkan siswa sesuai ketentuan dengan memberlakukan kegiatan belajar di rumah. Untuk mengisi kegiatan belajar tersebut, berbagai kegiatan dilakukan oleh guru dan karyawan SMP Negeri 4 Salatiga.

Kegiatan pagi diawali dengan senam kemudian olahraga bersama. Selanjutnya, bapak dan ibu guru mengikuti sosialisasi pembelajaran berbasis daring  yang kemudian segala informasi disampaikan kepada siswa melalui aplikasi whatsapp.

Bapak ibu guru mempersiapkan materi pelajaran dengan memanfaatkan aplikasi google form, siswa di rumah dengan didampingi orangtua mengakses tautan yang telah diberikan oleh walikelas masing-masing kemudian mengikuti pembelajaran secara daring. Melalui perangkat komputer ataupun menggunakan gawai guru mengecek keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

“Program ini sebagai salah satu solusi untuk tetap terlaksananya pembelajaran efektif di tengah kondisi saat ini. Alhamdulillah, anak-anak antusias dengan pembelajaran daring  terbukti dengan rekapan keaktifan siswa pada aplikasi google form”, tutur Rosma bagian kurikulum SMP Negeri 4 Salatiga.

Dengan memanfaatkan teknologi dan informasi, diharapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMP Negeri 4 Salatiga tetap berjalan sebagaimana mestinya di tengah situasi siaga virus corona seperti saat ini. Sembari menunggu kebijakan selanjutnya dari pihak pemerintah daerah maupun pusat, bapak ibu guru di Nepatsa tetap berusaha secara maksimal melaksanakan kegiatan berbaris daring seperti yang telah berjalan.

20 Comment(s)

  1. Zahra ayu susanti
    April 1, 2020

    Sebenarnya saya tidak senang diadakka libur panjang yang sekarang ini, ya walaupun agak senang sedikit sihh.. tetapi jiwa saya memberontak tidak terima atas libur yang dilakukan ini. Saya ingin pergi kesekolah seperti biasannya. Saya jenuh di rumah hanya memegang ponsel dan tidak bisa bertemu teman, bercanda dll. Tetapi mau bagaimana lagi kita harus menaati ini semua agar virusnya tidak menyebar kemana mana. Kalau tugas online itu membuat saya tidak nyantel di otak kalau biasannya kan diterangkan terus di kasih soal itu bisa nyantel di otak kalau ini tidak bisa, terus juga menghabiskan kuota saya ya walaupun sedikit sih wkwkw, enggak bu bercanda 😹😹

  2. Salsa wulandari
    April 1, 2020

    Saya setuju apabila KBM di rumah murid murif tetap diberi tugas secara online maupun tidak, karena walaupun terhalang covid 19 murid murid tetap mendapatkan materi. Saya setuju apabila SMP N 4 Salatiga disemprot disenfektan, karena jika murid murid masuk sekolah kembali

  3. Arya teguh saputra
    April 1, 2020

    Saya suka pendapat Bapak dan IBU guru Karena dapat menambah kan edukasi kepada murid-murid

  4. Aprilina Devista K. D
    April 4, 2020

    Saya setuju apabila murid murid tetap di beri tugas secara online, dengan begitu siswa juga bisa belajar walaupun libur sekolah dikarenakan ada virus covid 19. Saya senang jika SMP 4 di semprot agar bisa terhindar dari virus dan kuman. Dan agar waktu siswa kembali untuk belajar lagi di sekolah siswa tidak terganggu proses pembelajarannya

  5. Adil aditya Ramadhani
    April 4, 2020

    Saya setuju apabila KBM di rumah murid murif tetap diberi tugas secara online maupun tidak, karena walaupun terhalang covid 19 murid murid tetap mendapatkan materi. Saya setuju apabila SMP N 4 Salatiga disemprot disenfektan, karena jika murid murid masuk sekolah kembali

  6. Iklimatul zahra
    April 4, 2020

    Setelah membaca saya sangat setuju dengan langkah langkah yg di ambil oleh pemerintah dalam menangani musibah covid 19 ini.Pemerintah termasuk cekatan dalam menangani nya.Dan masalah kegiatan KBM yang di berikan kepada kami yang terpaksa di liburkan termasuk langkah yg bijak,karna walaupun kami libur kita tetap mendapatkan hak untuk mendapatkan ilmu.Walaupun mungkin ada sedikit yang membuat kami jenuh karna harus tetap memutar otak di saat kami libur.Dan libur kali ini bukanlah libur yang menyenangkan tapi libur yang menegangkan. Karena kami harus tetap patuh pada Undang Undang demi kebaikan bersama.Tapi di sini pun kami dapat belajar apa itu arti kepedulian demi menjaga keselamatan bersama.Kami belajar menahan ego masing masing,demi orang lain.Dan kami pun salut pada kebijakan yang di ambil oleh SMP N 4 Salatiga,yang mana tetap menjaga kekompakan antar guru siswa dan orang tua.Dan semoga musibah ini segera dapat diatasi.Dan kita dapat berkumpul bersama lagi.sejujurnya saya kangen teman-teman,guru dan kangen memakai seragam sekolah terutama pada tempat duduk saya wkwk.sekian dari saia.👍

  7. Randhika Dhanu
    April 5, 2020

    Saya setuju dengan KBM di rumah, dengan ini siswa bisa mendapatkan materi dan tetap bisa belajar di rumah.

  8. Muhammad Zulfikar Purnomo
    April 5, 2020

    Merebaknya covid di Indonesia terutama dikota saya Salatiga sangat mengganggu aktivitas sekolah saya,karena untuk mengantisipasi penyebaran virus sekolah” dikota Salatiga terutama sekolah saya SMPN 4 Salatiga hrs menyikapinya dgn meliburkan KBM disekolah,dgn kebijakan Lockdown anak” hrs tinggal dirumah tdk boleh keluar.
    Sekolah memberlakukan kegiatan belajar dirumah dg sistem Daring/ lewat Whatsapp yg memanfaatkan aplikasi google form,pembelajaran lewat daring bgi saya sangat efektif dan menyenangkan karna bisaberselancar lewat internet.mapel yg sekirana sulit menjadi mudah,hanya saja ada beberapa mapel yg dshare di clasroom tidak bisa dibuka linknya.kendala lain pembelajaran lewat darinh yaitu boros kuota(hehe),karna selama libur tdk mendapat yang saku.
    Semoga pendemik yg saat ini sedang terjadi segera berlalu,agar saya kembali bisa sekolah bertemu,bercanda dg teman” dan bpk/ibu guru disekolah.
    “Salam Nepatsa Hebat”

  9. Atwi sela jafandri
    April 5, 2020

    Saya tidak suka bila sekolah di liburkan karena virus. Walaupun ada tugas online tetapi rasanya tidak seperti di sekolah,karena di sekolah rame dan di rumah sepi.

  10. iklimatul zahra
    April 5, 2020

    Setelah membaca saya setuju dengan langkah langkah yang diambil oleh pemerintah dalam menangani covid 19 ini.Pemerintah termasuk cekatan dalam menangani nya.Dan masalah kegiatan KBM yang di berikan kepada kami yang terpaksa di liburkan termasuk langkah yg bijak,karna walaupun kami libur kita tetap mendapatkan hak untuk mendapatkan ilmu.Walaupun mungkin ada sedikit yang membuat kami jenuh karna harus tetap memutar otak di saat kami libur.Dan libur kali ini bukanlah libur yang menyenangkan tapi libur yang menegangkan. Karena kami harus tetap patuh pada Undang Undang demi kebaikan bersama.Tapi di sini pun kami dapat belajar apa itu arti kepedulian demi menjaga keselamatan bersama.Kami belajar menahan ego masing masing,demi orang lain.Dan kami pun salut pada kebijakan yang di ambil oleh SMP N 4 Salatiga,yang mana tetap menjaga kekompakan antar guru siswa dan orang tua.Dan semoga musibah ini segera dapat diatasi.Dan kita dapat berkumpul bersama lagi.sejujurnya saya kangen teman-teman,guru dan kangen memakai seragam sekolah terutama pada tempat duduk saya wkwk.sekian dari saia.👍

  11. muhammad wahyu naufal abdurrozzaq
    April 5, 2020

    Yang dilakukan ibu guru tersebut sangat baik,karena setiap hari memantau murid muridnya,saya senang karna ibu guru sayang kepada murid muridnya.

  12. Farid yaser kurniawan
    April 6, 2020

    Sebenar nya saya tidak mau libur karena tidak dapat bertemu sama teman teman sekolah karena libur terhalang covid 19

  13. ShevaPramudya Haven Hermiansyah
    April 8, 2020

    Saya setuju karena untuk mengantisipasi adanya virus covid 19 maka anak anak diliburkan ,dan belajar dirumah ,tetapi anak anak harus tetap mengikuti kegiatan KBM walaupun dirumah dengan cara buka classroom

  14. Bagus riyanto
    April 13, 2020

    Saya setuju kalok KBM di laksanakan dari rumah kalok itu demi kebaikan bersama untuk memutus tali rantai covid 19

  15. Tesa friska n
    April 15, 2020

    Saya kurang suka belajar di rumah karena sepii tapi kalo di sekolah saya suka karena dapat berjumpa kawan kawan .

  16. Bagas Dwi Sanusi
    April 17, 2020

    Saya setuju kalau murid murid di beri tugas online. Adanya virus covid-19 murid murid harus belajar dirumah agar tidak ketinggalan pelajaran.

  17. Muhammad arif
    April 20, 2020

    Saya sangat ingin pergi ke sekolah lagi karna jika saya di rumah saya tidak tambah pintar tapi tambah bodoh:v

  18. Muhammad arif
    April 20, 2020

    Saya sangat ingin pergi ke sekolah lagi karna jika saya di rumah saya tidak tambah pintar tapi tambah bodoh:v

  19. Riski amanda putra Pratama
    April 26, 2020

    Saya sangat Setuju dengan pembelajaran online di rumah sebab,,, murid tidak akan ketinggalan pelajaran.

  20. ANITA EKA FEBRIANTI
    April 27, 2020

    Sebenarnya saya setuju dengan instruksi pemerintah yaitu diadakan KBM di rumah masing masing.Tapi lama kelamaan saya juga bosan belajar di rumah.Juga kurang memahami materi karena tidak diajarkan langsung oleh guru pengampunya.

Write a comment